Tips Membuat Desain Interior Rumah Mungil Minimalis Modern Bergaya Wooden Rustic

Tips Membuat Desain Interior Rumah Mungil Minimalis Modern Bergaya Wooden Rustic

LeBuem  20 October 2019 Design, Design Interior, Wooden Rustic Element

Interior rumah minimalis modern bisa jadi pilihan gaya hunian untuk Anda yang ingin sesuatu yang lebih simpel dan tidak terlalu banyak pernak pernik. Desain rumah minimalis menekankan fungsi sebuah ruang dengan clutter yang minimal, artinya perabotan dan hiasan yang diletakkan di dalam ruangan pun tidak perlu terlalu banyak namun cukup bisa membuat ruangan terlihat menawan. Karena desain yang minimal dan tidak terlalu banyak dekorasi inilah banyak yang menganggap rumah dengan desain minimalis modern terkesan dingin dan kurang pas untuk rumah yang nyaman untuk keluarga. Jika Anda ingin desain yang minimalis dan modern namun memberikan kesan yang lebih hangat sebagai rumah tempat tinggal, konsep desain wooden rustic bisa jadi pilihan Anda.

Apa itu desain interior bergaya rustic ? Rustic merupakan gaya interior yang asalnya dari Amerika Serikat, terinspirasi dari rumah-rumah di kawasan peternakan, pertanian, dan juga pegunungan, di mana elemen alam menjadi primadonanya. Rumah dengan gaya rustic juga memberikan kesan yang lebih kasar karena menggunakan bahan material yang tidak diproses finishing atau tekstur yang tidak mulus, langit-langit yang tidak ditutup plafon, biasanya didekor dengan perapian api yang sungguhan, namun tetap memberikan kesan yang hangat dan nyaman.

Bahan material alam seperti kayu dan batu biasanya tidak banyak digunakan pada design interior dengan gaya minimalis modern. Tapi Anda tetap bisa memadukan keduanya sehingga rumah bisa memberikan kesan yang elegan dan mewah tanpa menghilangkan rasa homey-nya. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat interior memiliki gaya wooden rustic.

Kayu adalah elemen yang wajib ada

Untuk gaya interior wooden rustic tentunya dekorasi dengan elemen kayu adalah hal yang wajib ada untuk menciptakan suasana yang diinginkan. Tidak harus semuanya menggunakan bahan material kayu. Anda tetap bisa memadukan perabotan dan dekorasi minimalis dengan aksen kayu misalnya tiang yang terbuat dari kayu, meja ruang duduk dengan bahan material kayu expose, maupun instalasi seni dengan bahan material kayu. Anda juga bisa menambahkan elemen batu untuk menjadi focal point pada ruangan dan memberikan kesan rumah rustic yang lebih berkarakter. Agar suasana interior lebih selaras pilih macam-macam dekorasi kayu dengan warna yang sama atau senada. Misalnya untuk memberikan kesan yang kalem dan gagah bisa menggunakan warna kayu yang lebih rich dan gelap, sedangkan warna kayu yang lebih terang cocok untuk memberikan kesan yang lebih feminin.

Warna-warna yang netral

Selain terlihat dan terkesan dingin, interior rumah mungil minimalis modern seringkali dianggap membosankan karena menggunakan warna yang netral sehingga terlihat monoton. Warna netral bukan berarti harus monoton. Anda bisa membuat desain ruangan menggunakan warna-warna yang netral kemudian tambahkan aksen warna yang kontras pada elemen-elemen dekorasi yang kecil. Bantal sofa adalah dekorasi favorit yang sering dipilih untuk memberikan aksen warna kontras pada ruangan dengan warna netral karena sarung bantal sofa bisa dengan mudah diganti-ganti sehingga Anda bisa mengubah gaya desain ruangan hanya dengan sentuhan kecil saja. Warna netral dengan beberapa warna yang kontras pada bagian kecil dekorasi akan memberikan kesan yang lebih rileks dan nyaman untuk dihuni.

LeBuem terus berkembang hingga saat ini dan terus meningkatkan mutu serta kualitas dari hasil akhir setiap pekerjaan yang ditangani.
Tips Membuat Desain Interior Rumah Mungil Minimalis Modern Bergaya Wooden Rustic lebuem

Melembutkan tekstur dengan tekstil

Gaya interior minimalis biasanya lekat dengan kesan garis-garis yang lurus dan tegas, ditambah dengan elemen wooden rustic yang memberikan kesan tekstur kasar karena banyak yang expose atau dibiarkan dalam bentuk tekstur alaminya. Untuk memberikan kesan yang lebih lembut, Anda bisa menambahkan elemen tekstil dengan tekstur yang halus pada kursi, sofa, tempat tidur, gorden, maupun bagian dekorasi lainnya yang bisa diakali. Tekstur-tekstur yang bisa memberikan kesan lembut misalnya adalah bahan material dengan tekstur bulu atau kulit binatang, gorden dengan aksen rumbai yang simpel atau bahan kain yang agak berat, bunga segar juga bisa memberikan tekstur yang lebih lembut untuk kesan yang cozy tapi tetap elegan.

Masukkan barang antik

Tips membuat interior rumah minimalis modern dengan gaya wooden rustic selanjutnya adalah dengan menambahkan koleksi barang antik yang mungkin Anda miliki dan sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Anda mungkin memiliki bingkai cermin yang dulu dimiliki nenek Anda, atau meja kayu kecil yang dulu digunakan sebagai meja makan sederhana, atau foto-foto lama yang menyimpan kenangan bagi orang-orang generasi sebelum Anda yang punya makna tersendiri bagi kehidupan Anda. Tidak hanya membuat interior akan tampak lebih estetik dengan sentuhan barang antik, perabotan yang memiliki cerita atau nilai personal tersendiri akan memberikan nyawa yang berbeda pada hunian Anda.

Perabotan yang modern

Kesan modern pada desain wooden rustic biasanya didapatkan dari pemilihan perabotannya yang lebih bergaya modern dan minimalis. Perabotan dengan gaya yang tradisional atau klasik misalnya yang memiliki banyak detail ornamen, ukuran yang besar dengan bahan material kayu berat dan bahan beludru biasanya akan menghilangkan kesan modern pada ruangan. Di sisi lain, perabotan dengan gaya yang modern biasanya memiliki desain dengan garis-garis yang bold dan bisa memberikan kesan yang kasar pada ruangan. Untuk melembutkan ini Anda bisa memilih perabotan dengan warna yang lebih netral, menempatkan bantal-bantal kecil, atau menambahkan aksen kain rajut atau selimut kecil yang disampirkan di sofa.

Bawa suasana outdoor ke dalam rumah

Dengan menempatkan tanaman hijau ke dalam rumah akan membuat design interior Anda tampak jauh lebih hangat tanpa harus mengubah dekorasi ruangan terlalu banyak. Pilih tanaman hijau yang bisa Anda letakkan di sudut ruangan atau tanaman kecil yang bisa diletakkan di atas meja. Membawa suasana outdoor ke dalam ruangan juga bisa dilakukan dengan cara memasang jendela kaca yang besar pada dinding yang menghadap ke halaman rumah Anda sehingga pada siang hari sinar matahari bisa masuk dengan lebih bebas, dan ruangan pun akan tampak lebih luas dan lebih asri jika membawa tanaman ke dalam rumah tidak memungkinkan.

Semua dekorasi dan perabotan punya fungsinya

Interior dengan gaya minimalis dan rustic sama-sama setuju bahwa dekorasi dan juga perabotan yang ada pada sebuah ruangan harus punya fungsinya. Hal ini untuk menghindari memberikan ruangan terlalu banyak elemen dekorasi yang seringkali bisa mengaburkan konsep gaya dari ruangan tersebut. Bukan berarti anda tidak bisa menghias ruangan dengan karya seni maupun pajangan dekorasi yang memperindah ruangan, tapi pemilihan dekorasinya harus pas dan memiliki tujuannya sendiri di ruangan tersebut.

Demikian adalah beberapa tips untuk membuat hunian dengan gaya wooden rustic untuk memberikan kesan yang lebih hangat dan rumahan pada konsep hunian yang minimalis modern. Interior rumah minimalis modern dengan gaya wooden rustic bisa memberikan kesan rumah yang lebih nyaman dan benar-benar bisa menjadi space pribadi yang memberikan efek menenangkan bagi penghuni rumah setiap pulang beraktivitas.

Berbagi Artikel

Tags

Design Interior Furniture Arsitektur Property Element Estetika