Tips Merawat Sofa Berbahan Kulit

Tips Merawat Sofa Berbahan Kulit

LeBuem  11 December 2019 Interior, Furniture

Dalam rumah kita elemen terpenting dalam menjamu kehadiran tamu, atau kerabat adalah sofa atau kursi. Maka dari itu untuk memperindah ruang tamu, banyak produsen furniture membuat berbagai macam bentuk dan ukuran sofa.

Pembuatan rangka sofa atau kursi mereka menggunakan berbagai macam bahan, antara lain dari kayu, besi baja, rotan, dan lain lain. Lalu agar lebih nyaman melapisinya lagi dengan busa dari Dacron, kemudian finishing di lapisi lagi dengan bahan bahan yang premium.

Penggunaan bahan dari kulit asli membuat kesan mewah dan elegan. Kulit asli yang banyak di pergunakan untuk pembuatan sofa adalah kulit sapi, karena kulit sapi memiliki tekstur yang lembut dan agak kesat.

Bahan ini terbilang mahal karena material yang langka dan di tambah lagi proses pembuatannya yang terbilang rumit, namun bahan ini tahan lama, dan mudah dalam perawatannya.

Untuk menjaga keindahan dari furniture kita, kita di wajibkan untuk selalu membersihkan dan merawatnya. Furniture tetap terlihat indah dan ber-umur panjang, apalagi untuk ukuran sofa berbahan kulit yang terhitung harganya sangat mahal untuk itu di perlukan penanganan khusus di dalam merawatnya, dan untuk itu kami akan berbagi beberapa tips dan trik dalam merawat sofa berbahan kulit. sebelum itu persiapkan peralatan apa saja yang di perlukan, sebagai berikut :

Kualitas material terbaik, design yang kreatif, inovatif, dan artistik yang akan mendukung konsep interior rumah dan kantor anda
Tips Merawat Sofa Berbahan Kulit lebuem

1. Kemoceng
2. Kain atau lap yang berbahan microfiber
3. Deterjent untuk pakaian baby
4. Air
5. Pelembab/minyak zaitun/minyak kelapa atau body lotion

Setelah semua peralatan yang di butuhkan sudah siap, mari kita segera aplikasikan. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Pertama kita bersihkan terlebih dahulu sofa dari debu yang menempel, dengan kemoceng.
2. Lalu Larutkan deterjen baby merk apa saja dengan air perbandingannya 250ml air di tambah 1 sendok deterjen, kenapa kita menggunakan deterjen untuk pakaian baby, untuk membersihkan sofa berbahan kulit, sebab deterjent untuk pakaian baby lebih banyak mengandung pelembut, sehingga meminimalisir sofa kulit kita menjadi kering.
3. Disarankan jangan pernah langsung menyemprot kan larutan deterjent pada kulit sofa anda. Karena akan meninggalkan sisa-sisa deterjen pada kulit sofa, untuk itu kita semprotkan pada kain lap microfiber, lalu baru bisa kita gunakan untuk membersihkan kulit sofa.
4. Ketika dalam membersihkan sofa berbahan kulit di sarankan untuk tidak menggosoknya dengan keras namun di seka atau di lap dengan pelan-pelan dan searah serat pada kulit sofa. Lalu Setelah di bersihkan di sarankan untuk menunggu hingga benar benar kering secara alami, dan jangan pernah mencoba untuk mengeringkan dengan hair dryer.
5. Setelah sofa kulit kita bersihkan dan sudah benar benar kering, lalu bisa kalian aplikasikan secara merata pada kulit sofa minyak zaitun / minyak kelapa/body lotion, untuk menjaga kelembapan kulit sofa agar tidak kering dan lebih elastis sehingga tidak mudah pecah pecah, dilakukan kegiatan ini minimal 2 minggu sekali, untuk menjaga keindahan furniture

Sangat di sarankan untuk furniture berbahan kulit untuk tidak di letakkan terpapar oleh cahaya matahari, karena dapat membuat kulit sofa menjadi kering dan pecah-pecah.

Demikian beberapa tips dalam merawat furniture anda terutama furniture berbahan kulit, semoga tips kami cukup bisa membantu anda dalam merawat dan menjaga furniture anda agar tetap selalu cantik.

Berbagi Artikel

Tags

Design Interior Furniture Arsitektur Property Element Estetika